Sabtu, 18 Januari 2014

Psikologi Kultural Historis Vygotsky

Berikut merupakan penjelasan teori Psikologi Kultural Historis dari teori Vygotsky 

Asumsi Dasar

Terdapat tiga bidang yang membetuk landasan analisis Vygotsky terhadap perkembangan kapabilitas mental manusia. Bidang itu adalah hakikat kecerdasan manusia, dua deret baris perkembangan psikologis yang berbeda, biologis, dan kultural historis, desain metode eksperimental untuk investigasi proses psikologis yang dinamis.

Hakikat Kecerdasan Manusia

Perbedaan hewan dan manusia dalam kegiatan mental yaitu tindakan yang terstruktur tidak selalu merupakan tindakan intelektual. Tindakan monyet yang mengandung tujuan hanya akan bermakna di dalam situasi eksperimen tertentu, tetapi tidak bermakna di luar situasi itu. Sebaliknya, anak dapat mengembangkan ide mengenai alat sebagai pelaksana fungsi dalam berbagai macam konteks. Penganut Gestalt mengklaim restrukturisasi mental atas suatu situasi sebagai prinsip belajar universal.

Deret Perkembangan Biologis dan Kultural-Historis

Analisis perbedaan antara perilaku hewan dan manusia menimbulkan identifikasi dua deret perkembangan psikologis yang berbeda secara kualitatif, yaitu:

  1. Prinsip biologis à Bertanggung jawab atas perkembangan persepsi, memori sederhana, dan perhatioan involuntaro (perkembangan natural)
  2. Faktor kultural-historis à Bertanggung jawab atas perkembangan fungsi mental yang  komples saat anak menguasai perilakunyasendiri melalui belajar tanda dan simbol kultur, serta berinteraksi dengan  orang lain di dalam kultur tersebut.

Metode Eksperimental-Genetik (Developmental)
Vygotsky dan rekannya membuat eksperimen yang disebut metode eksperimental-genetik. Vigotsky dan rekannya memberi anak tugas yang diatas kemampuan alamiah mereka, seperti mengingat daftar kata yang panjang. Objek didekatkan di sebelahnya, seperti gambar. Tugasnya terdiri dari stimuli objek (fokus tugas) dan materi lain (berbagai macam stimuli potensial). Vygotsky menyebut model eksperimenal ini sebagai model stimulasi ganda fungsional, karena perilaku individual diorganisasikan oleh dua perangkat stimuli. Eksperimen yang dilakukan oleh Vygotsky dan rekannya adalah pada memori dan perhatian.
 Tujuan dalam eksperimen memori adalah untuk mengingat 15 kata atau angka. Dalam eksperimen mengingat kata, gambar-gambar yang tidak berkaitan diberikan sebagai stimuli bantuan potensial. Eksperimenter membacakan setiap kata keras-keras dan subjeknya memilih gambar. Setelah presentasi kata, eksperimenter mengumpulkan gambar dan mengaturnya. Kemudian, sambil memegang setiap gambar, eksperimenter meminta subjek untuk menyebut kata yang berhubungan dengan gambar itu.







SUMBER :

Gtedler, Margaret. E. 2011. Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana

1 komentar:

  1. I tried these free 3D Iron Man 3D model online
    Now I citizen titanium dive watch have to make sure the westcott titanium scissors model 4 is the best and most cost micro touch trimmer compatible. With the free Iron 2020 ford edge titanium for sale Man 3D titanium cerakote model it is clear that this is

    BalasHapus