Sabtu, 26 Oktober 2013

Testimoni Proses UTS Psikologi Belajar

Alhamdulillah akhirnya selesai juga melewati dan mengerjakan proses UTS mata kuliah Psikologi Belajar yang berakhir hari ini. Menurut saya proses UTS kali ini sangat bermanfaat sekali bagi saya, baik dari segi akademik maupun proses pendewasaan saya sebagai mahasiswa, karena dalam proses UTS kali ini saya tidak hanya berusaha untuk menjawab pertanyaan sebaik mungkin dengan teori yang telah dipelajari namun juga untuk jauh lebih dewasa dalam bertindak, yaitu lebih bertanggung jawab atas kesempatan yang telah diberikan, untuk dapat menerima setiap konsekuensi akibat tindakan saya sendiri. Banyak tantangan yang saya hadapi dalam melaksanakan UTS kali ini, selain harus memikirkan dengan sungguh setiap jawaban pertanyaan, saya juga harus sabar menunggu soal-soal berikutnya, dan saya sadari itu akibat perbuatan saya sendiri yang tidak sesegera mungkin untuk menjawab soal, tenggang waktu 3 hari yang diberikaan sudah sangat membantu dalam menyelesaikan soal-soal UTS namun memang seharusnya saya memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
Jika dikatkan dengan teori belajar yang salah satunya teori pengkondisian klasik Pavlov yaitu mengenai stimulus respon, di mana  stimulus yang berupa soal UTS yang diberikan dosen pangampu kepada mahasiswa akan menghasilkan respon yaitu mengirimkan jawabannya, selain itu juga pesan-pesan yang dikirim dosen pengampu ke email masing-masing mahasiswa menjadi stimulus yang juga menghasilkan berbagai respon mahasiswa, ada yang mungkin panik, ada yang cemas dan lain sebagainya. Selain itu juga ada terdapat teori Gestalt di mana adanya pengalaman persepsi, saya  disini mengungkapkan pendapat saya mengenai testimoni pelaksanaan UTS Psikologi Belajar  merupakan persepsi saya secara keseluruhan mengenai apa  yang saya alami dan rasakan selama mengikuti proses UTS ini, selain itu juga bisa ditinjau dari teori peran pengratahuan dan kemauan sadar dari Vygotsky, saya mengikuti dan melewati proses UTS ini secara penuh kesadaran dan memang kemauan saya, walaupun saya sadar akan banyak kesalahan dan keterlambatan saya saya tetap berusaha agar bisa terselesaikan karena memang saya mau melakukannya engan penuh kesadaran. Demikian Testimoni saya, terima kasih untuk Ibu Filia Dina Anggaraeni M, P.d sebagai dosen pengampu atas pengalaman yang berharga ini bu.



Sumber Teori:


Gtedler, Margaret. E., @011., Learning and Instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar