Selasa, 05 Juni 2012

hasil survey



Hasil Survey " Motivasi Belajar "




Akhirnya rampunglah data yang dibutuhkan. ^_^
Setelah beberapa hari yang lalu saya meminta kesediaan teman-teman sebagai responden untuk  memenuhi survey online yang merupakan tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan 2011/2012. Pada survey perdana saya ini saya mengangkat judul “ Motivasi Belajar“ Dalam survey ini saya ingin mengetahui bagaimana Motivasi teman teman mahasiswa dalam hal belajar terkait dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik, khususnya untuk mahasiswa Psikologi angkatan 2011. Saya menyediakan 9 pernyataan yang berkaitan dengan motivasi belajar itu sendiri, dan 3 opsi pilihan jawaban yang paling tepat menurut responden. Terdapat 61 responden yang telah bersedia berpatisipasi. 


Berikut adalah data hasil survey online tersebut :


Saya belajar sesuai keinginan saya sendiri
 setuju  53 

 84.13% 
 netral  10 

 15.87% 
 tidak setuju  0 
 0.00%

Saya belajar keras untuk diri saya sendiri bukan untuk mendapat pujian orang lain
 setuju  44 

 70.97% 
 netral  14 

 22.58% 
 tidak setuju  4 

 6.45% 

Orangtua mempengaruhi motivasi belajar saya

 setuju  52 

 85.25% 
 netral  8 

 13.11% 
 tidak setuju  1 

 1.64% 

Saya termotivasi belajar apabila diberikan/ dijanjikan reward
 setuju  19 

 30.65% 
 netral  36 

 58.06% 
 tidak setuju  7 

 11.29% 

Teman saya menggoda saya untuk tidak belajar, saya lebih memilih untuk tetap belajar
 setuju  13 

 21.31% 
 netral  40 

 65.57% 
 tidak setuju  8 

 13.11% 

Saya rajin belajar karena ingin mengungguli teman saya
 setuju  20 

 32.79% 
 netral  25 

 40.98% 
 tidak setuju  16 

 26.23% 

Motivasi belajar saya akan terdorong setelah orangtua saya menegur saya
 setuju  20 

 32.79% 
 netral  25 

 40.98% 
 tidak setuju  16 

 26.23% 

Saya lebih suka dimotivasi orang lain (teman) untuk belajar
 setuju  18 

 29.51% 
 netral  33 

 54.10% 
 tidak setuju  10 

 16.39% 

Saya akan tetap belajar jika memang saya ingin belajar, walaupun banyak gangguan dari lingkungan
 setuju  40 

 64.52% 
 netral  19 

 30.65% 
 tidak setuju  3 

 4.84% 




Kesimpulan yang saya dapatkan dari hasil survey tersebut adalah : 
  • Pada pernyataan yang bersifat motivasi intrinsik (motivasi yang internal untuk melakukan sesuatu itu demi sesuatu itu sendiri, motivasi yang berasal dari diri kita sendiri bukan dari luar) responden sebagian besar memilih setuju,  contohnya dapat kita lihat pada pernyataan pertama, yaitu “belajar sesuai keinginan sendiri”, yaitu setuju 84,13 % sedangkan netral 15,87 %, dan tidak setuju 0,00 %. 
  • Pada pernyataan yang bersifat motivasi ekstrinsik (melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain, motivasi yang berasal dari luar, misalnya oranglain, hadiah, dll) kebanyakan lebih tinggi memilih netral, namun responden yang memilih setuju lebih tinggi dari pada memilih tidak setuju, contohnya pada pernyataan yang berisi tentang “rajin belajar karena ingin mengungguli teman” yaitu netral 40,98 %, setuju 32,79 %, tidak setuju 26,23 %.
  • Jadi motivasi belajar seseorang itu tidak terlepas dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik, tergantung pada individu itu sendiri.




Testimoni Pribadi :


            Awalnya saya bingung sekali ketika diberi tugas membuat survey secara online, karena  sebelumnya saya tidak pernah  membuat survey online dan hal ini merupakan pengalaman pertama saya membuat survey, khususnya secara online. Kebigungan saya teratasi karena banyak mencoba dan bertanya kepada teman-teman. Pengalaman membuat survey online ini merupakan hal yang menyenangkan dan bermanfaat bagi saya, karena dengan adanya tugas survey online ini menambah pengetahuan saya, berkaitan dengan  pemanfaatan teknologi, dan juga kerja sama dengan teman-teman lainnya, baik dalam cara membuat dan sebagai responden dalam survey ini. Selain itu juga survey online ini  membantu mengurangi penggunaan kertas, juga membantu dalam peghitungan hasil, karena dalam survey online ini kita tidak usah lagi  repot menghitung hasil, secara otomatis sudah akan tersedia perhitungan hasil surveynya setelah data yang dibutuhkan terpenuhi. Jadi, sungguh bermanfaat jika kita mempelajari survey online ini. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar